Kegunaan Sebuah Kamera Untuk Pendidikan

Kegunaan Sebuah Kamera Untuk Pendidikan  Kegunaan Sebuah Kamera Untuk Pendidikan

Kegunaan Sebuah Kamera Untuk Pendidikan

Kegunaan Sebuah Kamera Untuk Pendidikan “ emang ada manfaat nya atau kegunaan nya ya ? Hah saya gres tau lho kalo itu ada manfaat nya bagi pendidikan huhu. Nah guys pertanyaan kalian atau sesuatu yang ada di pikiran kalian sanggup teratasi apabila nih kalian membaca artikel ini guys. So, kalian baca hingga habis ya artikel ini.

Nah guys kali ini gua membawakan suatu tema nih guys yang perlu saya bahas di kesempatan kali ini, yaitu mengenai teknologi dan pendidikan. Yup betul itu ialah kamera. Salah satu benda yang hari ini, zaman ini, zaman modern ini yang tidak melepaskan sang murid nya dengan sebuah kamera teknologi. Ataupun yang lain nya.
Sebenarnya banyak lho guys, yang menyatakan atau memperlihatkan isu menyerupai apa kegunaan kamera dalam pendidikan itu. Bisa saja menjadi seseorang yang mendokumentasikan sebuah event atau kegiatan yang menarik yang dilakukan oleh pihak sekolah atau sekolah lainnya. Yup ia ialah Fotografer.
Siapa yang tidak kenal atau tahu mengenai nama fotografer? Fotografer ini ialah orang - orang yang menciptakan gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera yang elok maupun peralatan fotografi lainnya, dan pada umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih elok serta berusaha menyebarkan ilmunya ( Wikipedia ). Sementara itu nih guys, di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) disebutkan bahwa fotografer itu diartikan sebagai juru foto, tukang potret, pemotret, atau juru potret. Arti fotografer sendiri yang tercantum di dalam KBBI ini barangkali lebih sejalan dengan pemahaman sederhana kita.
Fotografer mempunyai kiprah dan kiprah yang sangat penting dalam menangkap setiap momen atau insiden melalui " jepretan " kameranya, baik dengan memakai kamera digital maupun kamera yang tertanam di dalam telepon seluler.  Namun tentu saja kamera digital yang dibentuk khusus untuk memotret lebih baik daripada kamera yang tertanam di dalam sebuah telepon seluler, baik secara kualitas maupun fitur nya, terlebih kamera berjenis DSLR ( Digital Single Lens Reflex ).  

Nah guys kali ini saya punya beberapa kelebihan dan kekurangan mengenai Kamera DSLR ( Digital Single Lens Reflex ). Nah jadi kalian simak baik baik ya bagi kalian yang ingin membeli kamera DSLR ini ya guys. Tapi guys sebelum kalian mengetahui kelebihan serta kekurangan dari kamera DSLR ini, alangkah baiknya kalian mengetahui isu awal mengenai kamera DSLR ini. Yuk guys disimak baik – baik.
Kamera DSLR merupakan salah satu jenis kamera yang ketika ini banyak dipakai oleh masyarakat. Cara kerja kamera ini sangat canggih yaitu sanggup mengambil gambar secara digital dan selanjutnya disimpan dalam memori. Tidak menyerupai jaman dulu anda harus memakai film di dalam kamera jikalau ingin mengambil suatu gambar. Jumlah gambar yang sanggup diabadikannya juga terbatas tergantung pada jumlah film yang anda beli sehingga tidak sanggup asal mengambil. Berbeda dengan jenis kamera ini anda sanggup mengambil banyak gambar sepuasnya sesuai kapasitas memori. Kapasitasnya juga banyak tidak menyerupai isi film pada kodak yang biasanya kurang dari 50 kalau tidak salah pada jaman dahulu itu. Kelebihan lainnya anda sanggup eksklusif melihat gambar hasil tangkapan anda sehingga jikalau tidak elok anda juga sanggup eksklusif menghapusnya kembali. Jika kamera yang berisi film anda tidak sanggup melaksanakan hal itu sehingga pada ketika mengambil gambar harus benar-benar teliti. Uniknya lagi ada jenis kamera ini juga yang sanggup dipakai untuk merekam video dengan durasi panjang atau dikenal dengan kamera film. Kamera ini cocok dipakai pada ketika momen terpenting dalam kehidupan menyerupai pada ketika program pernikahan. Senang rasanya jikalau sanggup menyaksikan secara eksklusif saat-saat mendebarkan menyerupai itu. Kebetulan hal itu juga yang saya rasakan pada ketika melihat video ijab kabul saya bersama suami dan tidak pernah sanggup dilupakan. Setiap kemajuan jaman memang sangat membawa manfaat yang baik bagi kehidupan kita asalkan harus sempurna menempatkannya. Jangan hingga memanfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk berbuat hal yang tidak baik atau merugikan orang lain. Lakukanlah hal yang bermanfaat contohnya memotret pemandangan dengan kamera DSLR kemudian memajangnya. Dengan begitu banyak orang yang akan tertarik dengan gambar anda bahkan sanggup juga anda akan dikenal sebagai fotografer yang handal nantinya.
Kelebihan nya nih guys dari kamera DSLR :
  1. DSLR Memiliki Fleksibilitas

Kamera DSLR mempunyai bermacam-macam pilihan lensa yang sanggup ditukar-tukar sesuai kebutuhan. Semuanya mempunyai manfaat dan kondisi yang cocok. Dengan mengetahui pilihan lensa terbaik, maka Anda sanggup menghasilkan foto yang sangat baik.
Ketika memotret landscape gunung misalnya, maka Anda sanggup memasang lensa ultra wide. Sedangkan untuk memotret objek kecil Anda sanggup menggantinya dengan lensa makro. Begitulah fleksibilitas yang disajikan DSLR.
  1. Memiliki Kualitas Gambar Yang Sangat Baik
Dibandingkan dengan kamera digital biasa, maka kamera DSLR menjanjikan hasil gambar yang lebih baik. Meskipun mempunyai pixel yang sama, hasil jepretan kamera DSLR selalu lebih elok daripada kamera digital biasa.

  1. Kinerja Kamera DSLR lebih baik
Dibanding kamera digital biasa, kinerja kamera DSLR tentu lebih baik. Autofokusnya lebih cepat, penundaan rananya lebih pendek serta mempunyai kapasitas memori lebih besar. Kamera DSLR juga dibekali banyak sekali fungsi dan titik tombol yang lengkap. Meskipun bagi sebagian orang tentunya harus berguru dulu bagaimana mengoperasikan tombol-tombol tersebut dengan benar.

  1. Aksesoris dan perangkat nya gampang untuk di upgrade
Kamera DSLR meskipun telah bertahun-tahun tak akan ketinggalan zaman. Soalnya kamera ini gampang di-upgrade dengan aksesoris dan perangkat tambahan terbaru. Sehingga Anda sanggup mengganti beberapa perangkat yang sudah mulai ketinggalan ketika versi terbarunya sudah dibuat.
Adapun kekurangan dari penggunaan kamera DSLR, yaitu :
  1. Bentuk yang besar dan merepotkan untuk dibawa kemana – mana
Nah kelemahan atau kekurangan dari kamera DSLR terutama dari bentuk fisiknya yang rata-rata besar dan berat. Hal itu alasannya ialah DSLR menganut sistem yang menuntut adanya prisma dan cermin. Akhirnya kamera DSLR selalu mempunyai bodi lebar dan kening menonjol. Posisi viewfinder dalam kamera DSLR juga harus segaris dengan sensor digital dan sumbu optik. Ini pula yang menimbulkan semua kamera DSLR mempunyai bentuk bodi dasar mirip.
Karena komponennya lebih besar, otomatis kamera DSLR juga mempunyai bobot lumayan. Bagi para pemula, mungkin justru akan minder jikalau menenteng kamera berat tapi kurang cekatan memotret.
  1. Mekanisme nya sulit, perlu berguru dengan tekun
Untuk menghasilkan foto yang elok dengan DSLR ternyata tidak semudah kamera digital biasa yang tinggal cekrek - cekrek. Apalagi untuk menghasilkan foto semulus karya para master fotografi, kau harus berguru lama.

  1. Harganya Relatif Mahal
Karena komponennya yang rumit maka perakitan kamera DSLR membutuhkan biaya yang besar. Maka tak heran jikalau harga kamera DSLR pun biasanya mahal. semakin lengkap fiturnya, semakin besar resolusi sensornya, maka harganya akan melambung tinggi.

Peran fotografer ini bergotong-royong sangat diharapkan dalam banyak sekali bidang kehidupan untuk mendokumentasikan setiap insiden dalam bentuk foto, pun demikian di dalam bidang pendidikan atau di sekolah. Bukan hanya perusahaan – perusahaan besar atau lembaga-lembaga pemerintahan ( termasuk forum kepresidenan ) saja  yang sangat membutuhkan seorang fotografer untuk mendokumentasikan setiap insiden yang terjadi.
Pun sekolah sangat membutuhkan seorang fotografer untuk mendokumentasikan setiap insiden yang terjadi di dalam lingkungan sekolah, baik yang berafiliasi dengan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ektrakurikuler, atau peristiwa-peristiwa lainnya yang berafiliasi dengan kegiatan pendidikan.  Peran fotografer di sekolah tentu saja cukup diserahkan kepada  guru, bukan kepada fotografer kawakan yang sudah profesional. Jadi, ada seorang guru yang diberi kiprah tambahan atau tanggung jawab untuk menjadi seorang fotografer sekolah.
Mengapa sekolah membutuhkan seorang guru untuk menjadi fotografer sekolah? Seperti  sudah disampaikan di atas bahwa di sekolah banyak kegiatan - kegiatan pendidikan yang dilaksanakan. Untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan ini semoga lebih tertata dengan baik dan terkumpul dalam bentuk data base foto, maka harus ada seorang guru yang fokus untuk melakukannya.  Jika tidak, maka tidak tidak mungkin akan ada banyak momen – momen penting yang tak terdokumentasikan dalam bentuk foto dengan baik.

Dokumentasi dalam bentuk foto ini bergotong-royong sangat penting dan bermanfaat bagi sekolah yang berada di manapun. Pertama, foto kegiatan – kegiatan sekolah sanggup dipakai sebagai bukti fisik dalam proses evaluasi sekolah, ratifikasi misalnya. Kedua, foto sanggup dipakai sebagai pemanis dan pelengkap isu dalam media promosi sekolah, di dalam brosur atau website sekolah misalnya. Selain kedua manfaat itu, tentu saja masih banyak manfaat – manfaat lain dari foto kegiatan – kegiatan sekolah ini. 
Namun yang paling penting, tentu saja foto – foto ini sanggup menjadi sebuah bukti dan kenang-kenangan bagi sejarah perjalanan sekolah yang bersangkutan dari masa ke masa, yang sanggup dilihat dan dinikmati oleh generasi yang akan datang. Bisa dibayangkan jikalau sekolah tidak mempunyai foto-foto perihal perjalanan proses pendidikannya dari masa ke masa. Oleh alasannya ialah itu, fotografer sekolah sangat diharapkan keberadaannya di sekolah dalam merekam setiap momen sejarah perjalanan sekolah tersebut.  
Saya ambil contoh, di istana kepresidenan ada fotografer istana atau fotografer pribadi sang presiden. Sebut saja Abror Rizki yang telah menjadi fotografer pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada masa itu. Selain itu, dalam beberapa kesempatan atau program di Perum Peruri, saya selalu melihat ada fotografer khusus yang mendokumentasikan atau memotret momen-momen penting pada setiap program yang dilaksanakan oleh Perum Peruri.
Di sekolah daerah sobat saya mengajar, ia tidak mau mau disebutkan nama sekolah dimana ia mengajar, ia ialah seorang guru yang diberi kiprah dan tanggung jawab sebagai fotografer sekolah. Tugas ini diberikan khusus oleh Kepala Sekolah setiap tahunnya. Fotografer sekolah ini siap untuk memotret setiap momen atau semua insiden penting yang terjadi di sekolah.
Semoga dengan adanya fotografer sekolah ini, momen – mormen penting yang terjadi di sekolah sanggup didokumentasikan dengan baik sehingga jejak sejarah sekolah sanggup terus ditelusuri dan dinikmati oleh generasi yang akan datang. Oleh alasannya ialah itu, lebih baiknya atau lebih bagusnya sekolah membentuk sebuah ekskul khusus bagi murid yang ingin andal memakai kamera nya, berdasarkan saya itu keren sih.
Semoga artikel nya bermanfaat, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan.

Tidak ada komentar