Topologi Jaringan Yang Sering Dipakai Orang Banyak

Topologi Jaringan Yang Sering Digunakan Orang Banyak Topologi Jaringan Yang Sering Digunakan Orang Banyak

Topologi Jaringan Yang Sering Digunakan Orang Banyak

Pasti di benak kalian apa sih topologi jaringan itu ? Fungsi nya buat apaan ? Apa sih kok saya gres denger nama itu ya ? Kenapa hubungan nya topologi dengan jaringan yang sering dipakai orang banyak ? Nah, pertanyaan itu semua inshaallah akan saya bahas sebagai penulis artikel, dan saya usahakan saya jawab semua pertanyaan itu semua. Yukk dibaca artikel ini.
Nah sebelum saya masuk ke intinya, saya akan menjelaskan dulu kepada kalian mengenai topologi jaringan yang sering dipakai oleh orang banyak, kita harus membahas dulu apa itu topologi jaringan tersebut. Yuk disimak.
Sebelum melanjutkan ke point utama, ada baiknya Anda mengetahui apa sih pengertian topologi jaringan komputer ataupun definisinya. 

Topologi jaringan merupakan sebuah desain jaringan komputer yang akan dibuat serta menjelaskan bagaimana komputer-komputer tersebut sanggup saling bekerjasama antara satu sama lain.
Topologi jaringan juga sanggup memudahkan kita untuk memahami bagaimana jalur kemudian lintas data yang terjadi pada sebuah sistem jaringan. Dengan begini, kalau kita ingin melaksanakan perbaikan terhadap sebuah jaringan, kita tidak perlu lagi kebingungan untuk mulai memperbaikinya dari mana. Karena topologi jaringan ini sudah menggambarkan sejelas-jelasnya bagaimana sistem jaringan tersebut terbentuk.
Pada ketika mau melaksanakan instalasi jaringan komputer, kita harus mengetahui topologi mana yang baik untuk di pakai instalasi jaringan komputer. Di bawah ini saya akan menjelaskan ihwal jaringan komputer yang sering di gunakan oleh beberapa orang di luar sana.

Topologi jaringan komputer merupakan suatu konsep atau cara untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi suatu jaringan memakai media kabel maupun nirkabel. Dan setiap topologi jaringan komputer akan berbeda dari segi bentuk, kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, serta akomodasi dalam proses penggunaannya.

Topologi jaringan komputer juga mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing tergantung pada jenisnya. Jenis-jenis topologi jaringan itu ada banyak, tapi saya hanya membahas topologi yang sering di gunakan antara lain topologi ring, bus, star, mesh, dan tree. 
Nah, topologi jaringan ini banyak macam – macam nya lho guys, mau tau apa saja topologi jaringan yang sering dipakai ? Dan kelebihan serta kekurangan dari masing masing topologi jaringan yang sering dipakai oleh orang banyak ? Mau tau ? Yuk disimak baik baik ya guys.
  1. Topologi Jaringan Jenis Bus

Topologi ini merupakan topologi yang paling awal dipakai untuk menghubungkan komputer. Media transmisi yang dipakai pada topologi ini hanya memakai satu kabel panjang dengan dilengkapi beberapa terminal, dan pada selesai kabel tersebut harus diakhiri oleh satu terminator. Kabel coaxial lah yang menjadi media transmisi pada topologi ini. Meskipun terlihat simple, namun topologi bus sudah sangat jarang dipakai dalam membangun sistem jaringan. Hal ini mungkin dikarenakan beberapa kekurangan yang diantaranya kemungkinan terjadinya ukiran anutan data, dan juga kalau pada salah satu perangkat terjadi keslahan maka jaringan tersebut pribadi down.
Kelebihan Topologi jaringan jenis Bus
  1. Mudah untuk dikembangkan
  2. Tidak memerlukan kabel yang banyak
  3. Hemat biaya pemasangan
Kekurangan dari topologi jaringan jenis bus
  1. Tidak stabil, kalau salah satu komputer terganggu maka jaringan akan terganggu
  2. Tingkat deteksi kesalahan sangat kecil
  3. Sulit mencari gangguan pada jaringan
  4. Tingkat kemudian lintas tinggi / sering terjadi antrian data
  5. Untuk jarak jauh diharapkan repeater
  1. Topologi Jaringan Jenis Ring / Cincin
Sesuai namanya, pada topologi ini setiap komputer yang yang tersusun berbentuk cincin atau ring. Data token diberikan untuk memperlihatkan izin untuk setiap komputer semoga sanggup berkomunikasi. Dimana setiap node yang tersusun berkomunikasi dengan gugusan melingkar membentuk ring,. Dengan kata lain setiap komputer saling terhubung antar dua komputer lainnya.dan
Topologi ring atau cincin merupakan salah satu topologi jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu rangkaian yang melingkar ibarat mirip cincin. Setiap informasi yang di peroleh di periksa alamatnya oleh terminal yang di lewati. Jika bukan untuknya, informasi di lewatkan hingga menemukan alamat yang benar.
Kelebihan dari topologi jaringan cincin / ring :
  1. Tidak memakai banyak kabel
  2. Tingkat kerumitan pemasangan rendah
  3. Mudah instalasi
  4. Tidak akan terjadi laga data
  5. Mudah dirancang
Kekurangan dari topologi jaringan cincin / ring :
  1. peka kesalahan jaringan
  2. Sulit untuk dikembangkan
  3. Jika salah satu titik jaringan terganggu maka seluruh komunikasi data sanggup terganggu
  1. Topologi jaringan jenis Star / bintang
Pada topolgi ini, setiap komputer saling terhubung sedemkian rupa sehingga membentuk bintang, dimana setiap perangkat saling terhubung mengelilingi hub/switch sebagai consentrator nya. Topologi ini ialah yang paling sering dipakai pada jaringan LAN (local Area Network). Topologi ini sering dipakai di rumah, kantor, sekolah, lab komputer, dan lain sebagainya. semua komputer yang terhubung pada topologi star memerlukan hub, switch, ataupun router dengan media transmisinya adlah kabel UTP / bena
Kelebihan dari topologi jaringan star / bintang :
  1. Deteksi kesalahan gampang dilakukan
  2. Perubahan stasiun gampang dilakukan dan tidak mengganggu jaringan lain
  3. Mudah melaksanakan control
  4. Tingkat keamanan tinggi
  5. Paling fleksibel
Kekurangan dari topologi jaringan star / bintang :
  1. Menggunakan banyak kabel
  2. Ada kemungkinan akan terjadi ukiran data sehingga sanggup mengakibatkan jaringan lambat
  3. Jaringan sangat tergantung kepada terminal pusat
  4. Jaringan memakan biaya tinggi
  5. Jika titik komputer pusat terjadi gangguan maka terganggu pula seluruh jaringan
  1. Topologi Jaringan Jenis Mesh / Jala
Pada topologi ini setiap komputer saling terhubung satu sama lain. Dengan kata lain setiap komputer sanggup pribadi berkomunikasi dengan komputer lainnya. Akibatnya, untuk menerapkan topologi ini, setiap komputer harus mempunyai banyak interface semoga sanggup terhubung dengan komputer-komputer lain.
Kelebihan dari topologi jaringan mesh / jala
  1. Dinamis dalam memperbaiki setiap kerusakan titik jaringan komputer
  2. Data pribadi dikirimkan ke tujuan tanpa harus melalui komputer lain
  3. Data lebih cepat proses pengiriman data
  4. Jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer tidak akan mengganggu komputer lainnya
Kekurangan dari topologi jaringan mesh / jala
  1. Biaya untuk memasangnya sangat besar.
  2. Perlu banyak kabel
  3. Perlu banyak port I/O , setiap komputer diharapkan n-1 port I/O dan sebanyak n(n-1)/2 koneksi. Misalnya ada 4 komputer maka diharapkan kabel koneksi sebanyak 4(4-1)/2 =6 kabel dan memerlukan 4-1 = 3 port.
  4. Proses instalasi sulit dan rumit
  1. Topologi jaringan jenis tree / pohon
Topologi ini sanggup juga disebut sebagai penggabungan dari topologi star dan topologi bus. Topologi ini biasa juga disebut sebagai topologi bertingkat, dan sangat cocok untuk diterapkan di kantor-kantor yang bertingkat. Topologi jaringan komputer Type Tree ini paling ideal dipakai pada sistem jaringan komputer. Pada jaringan Tree, terdapat beberapa tingkatan simpul atau node. Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, sanggup mengontrol simpul dibawah tingktannya. Kombinasi topologi ini mendukung masa depan upgrade dari jaringan komputer, jauh lebih baik daripada bus atau star.
Kelebihan dari topologi jaringan tree / pohon :
  1. Deteksi kesalahan gampang dilakukan
  2. Perubahan bentuk suatu kelompok gampang dilakukan dan tidak mengganggu jaringan lain
  3. Mudah melaksanakan control
Kekurangan dari topologi jaringan tree / pohon :
  1. Menggunakan banyak kabel
  2. Sering terjadi ukiran data
  3. Jika simpul yang lebih tinggi rusak maka simpul yang lebih rendah akan terganggu juga
  4. Cara kerja lambat
  1. Topologi jaringan jenis linear
Topologi ini merupakan ekspansi dari dari topologi bus dimana kabel utama harus dihubungkan ke tiap titik komputer memakai T-connector. Topologi tipe ini merupakan jenis yang sederhana memakai kabel RG-58.
Kelebihan dari topologi jaringan linear :
  1. Sederhana jaringannya
  2. Hemat kabel
  3. Mudah untuk dikembangkan
Kekurangan dari topologi jaringan linear :
  1. Deteksi kesalahan sangat kecil
  2. Keamanan kurang terjamin
  3. Lalu lintas data tinggi
  4. Kecepatan transfer tergantung kepada jumlah pengguna, kecepatan turun kalau jumlah pemakai bertambah
Nah, itulah sekian informasi yang saya beritahukan kepada kalian mengenai jenis topologi jaringan komputer yang paling sering dipakai oleh orang banyak, nah fungsi topologi jaringan itu sendiri adalsh topologi jaringan komputer berfungsi untuk mengetahui bagaimana masing - masing l komputer atau host dalam jaringan komputer sanggup saling berkomunikasi satu sama lain.
Nah semoga bermanfaat informasi yang saya berikan kepada kalian, supaya kalian memahami apa yang saya tulis ini. Semoga bermanfaat informasi ini.

Tidak ada komentar