Kelebihan dan Kekurangan Sistem P2P Landing


Peer to peer lending adalah suatu platform yang menjembatani antara peminjam dana dan para investor. Ini merupakan salah satu lembaga keuangan non resmi yang melakukan peminjaman dana secara online. Sehingga para peminjam dapat melakukan pengajuan secara online. Dan para investor dapat melihat pengajuan mereka dan menentukan apakah mereka akan memberikan dana mereka atau tidak. Meskipun P2P Lending ini merupakan terobosan baru tapi tetap saja ada kelebihan dan kekurangannya. Baik bagi para peminjam maupun pihak investor.


Dan inilah kelebihan dan kekurangan sistem P2P.

Kelebihan:

1. Kelebihan yang pertama bagi peminjam dana yaitu suku bunga yang diberikan terbilang rendah. Bahkan jika dibandingkan dengan suku bunga yang ditetapkan oleh para lembaga keuangan resmi suku bunga dari p2p lending ini terbilang rendah.

2. Kelebihan yang berikutnya yaitu untuk proses pengajuan dana nya yang lebih simpel jika dibandingkan dengan pengajuan dana melalui lembaga keuangan resmi. Proses dari pengajuan dana tersebut terbilang lebih cepat dan mudah serta tidak terkesan formal. Syarat-syarat yang diberlakukan juga tidak banyak dan rumit dari lembaga keuangan resmi.

Bahkan ketika sebelumnya Anda telah memiliki catatan atau reputasi yang buruk mengenai pinjaman dana sebelumnya. Anda cukup hanya Menjelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi dan ada peluang pengajuan dana Anda tersebut di setujui.

3. Kelebihan yang ketiga yaitu alasan yang mudah diterima. Selama ada pendana yang akan menginvestasikan dananya kepada anda maka proses pengajuan dana tetap dapat dilakukan. Sehingga besar kemungkinan pengajuan dana tersebut dapat di terima.

4. Dan keuntungan yang terakhir sebagai pihak penerima dana yaitu tanpa adanya pinjaman agunan. Sehingga Anda tidak perlu memiliki jaminan ketika melakukan proses peminjaman dana tersebut. Sehingga itu menjadi lebih mudah dan lebih simpel bagi pihak penerima dana.

Kekurangan:

1. Kekurangan pertama bagi para penerima dana yaitu suku bunga pinjaman dapat melonjak naik. 
Hal ini dapat terjadi ketika kredit Anda jatuh Seperti contohnya karena anda telat membayar tagihan. Ketika nantinya anda tidak dapat membayar pinjaman yang telah anda ajukan sesuai dengan waktu yang diberikan maka nantinya jumlah dana yang harus dikembalikan akan melonjak tinggi.Sehingga ada baiknya tempo waktu peminjaman dana adalah untuk jangka pendek saja. Karena semakin lama waktunya maka tagihan akan semakin melonjak tinggi.

2. Menggunakan sistem P2P Lending ini mungkin bisa menjamin bahwa kebutuhan dana yang anda ajukan dapat terpenuhi secara keseluruhan namun untuk jaminan bahwa seluruh proses pengajuan dana pinjaman dapat dipenuhi.Sehingga jika anda melakukan pengajuan dana dan pengajuan tersebut tidak terpenuhi targetnya, maka pengajuan Anda dianggap gagal. Dan dana yang sudah terkumpul tersebut akan dikembalikan kepada para investor yang sudah mengumpulkan dana tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan P2P Lending Bagi Investor yaitu.

Kelebihan:

1. Untuk kelebihan sistem P2P ini bagi para investor atau pendana yaitu sesudah adanya aturan resmi. Serta telah di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan yaitu melalui adanya peraturan OJK nomor 77/POJK.01/2016.  Sehingga terbilang aman.
2.  P2P Lending ini juga merupakan sarana yang mudah dan juga cepat bagi anda Para investor yang akan mengalokasikan dana Anda tersebut.
3. Bagi anda Para investor suku bunga yang akan diterima jugacukup menguntungkan dan memiliki nilai yang cukup baik serta signifikan. Dengan sistem P2P Lending ini keuntungan juga dapat diperbesar dengan mendiversifikasi pendanaan.

Kekurangan:

1. Kekurangan pertama dari sistem P2P bagi para investor yaitu mereka tidak dapat menarik uang yang telah mereka investasikan sewaktu-waktu.
2. Dana yang diinvestasikan juga bisa saja tidak kembali hal ini tergantung Apakah dari pihak yang diberikan pinjaman tersebut dapat mengembalikan dana yang anda pinjamkan.
Namun hal ini bisa diatasi oleh platform penyedia P2P Landing ini. Di Amartha sendiri para investor biasanya mendapatkan jaminan sehingga akan lebih meyakinkan para investor yang akan memberikan pendanaan.

Tidak ada komentar