5 Manfaat Melaksanakan Program CSR untuk Karyawan


Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan program yang dikhususkan untuk pengembangan SDM One4One. Selain mendukung program yang dicanangkan Menteri Tenaga Kerja, CSR hadir dalam memberikan kesempatan bagi para siswa sekolah menengah untuk mengikuti penilaian bimbingan karir tanpa dipungut biaya sedikitpun. Dengan demikian, para siswa akan mendapatkan ilmu yang cukup terkait dunia kerja sehingga nantinya mereka bisa beradaptasi langsung dengan lingkungan kerjanya.


Bukan hanya siswa, melaksanakan program CSR juga bermanfaat untuk karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan. Beberapa manfaat tersebut seperti:

1.        Produktivitas kerja karyawan menjadi meningkat
Menurut hasil lansiran, program CSR ini tak hanya memberikan reputasi baik pada perusahaan namun juga membawa manfaat positif untuk karyawannya. Di mana, karyawan menjadi semakin termotivasi sehingga hasilnya karyawan-karyawan tersebut lebih bersemangat mengerjakan tugas-tugas maupun pekerjaan yang dibebankan pada mereka. Dengan begitu, produktivitas dalam bekerja pun akan meningkat.

2.             Suasana kerja menjadi lebih nyaman

Dengan dilaksanakannya program CSR ini, maka dapat menciptakan suasana kerja yang lebih nyaman bagi karyawan. Hal ini karena tanggung jawab sosial dianggap lebih penting daripada kesuksesan finansial di sejumlah perusahaan, sebab hal ini berkaitan dengan kenyamanan para karyawan selama berada di kantor. Di samping itu, para karyawan pun akan lebih hati-hati saat melaksakan tugas, semudah dan seringan apapun bebannya.

3.             Kreativitas karyawan mengalami peningkatan

Keikutsertaan karyawan pada program-program CSR yang diadakan pada sebuah perusahaan dianggap sebagai bentuk transparansi perusahaan. Dengan mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan dan hal-hal yang diinginkan oleh perusahaan, karyawan pun tentu dapat mengembangkan gagasannya secara kreatif untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Ini tentunya dapat meningkatkan kreativitas karyawan tersebut.

4.             Karyawan menjadi lebih mudah bersosialisasi dengan yang lainnya

Selain itu, program CSR juga membantu karyawan dalam bersosialisasi dengan rekan kerja dan masyarakat. Hal ini karena saat terjun ke dunia kerja, karyawan bukan hanya mengurus pekerjaan di perusahaan saja tapi juga bertemu orang-orang baru dari latar belakang yang berbeda. Kemampuan sosialisasi dan komunikasi yang dilatih dari CSR tentu dapat meningkatkan skill karyawan tersebut dalam menjalin hubungan baik dengan rekan kerja maupun masyarakat.

5.             Hubungan baik dengan perusahaan pun terjaga

Tak kalah penting, CSR juga akan berdampak pada kualitas hubungan antara karyawan dengan perusahaan. Keterlibatan karyawan dalam kegiatan-kegiatan dalam program tersebut akan membuat mereka menyadari betapa pentingnya tanggung jawab sekaligus mengenal lebih dalam profil tempat mereka bekerja. Sementara, untuk perusahaan tentu tak akan kesulitan memenuhi target karena mendapatkan loyalitas terbaik dari para pekerjanya.

Itu dia beberapa manfaat program CSR untuk karyawan. So, apakah perusahaan Anda berencana melaksanakan program ini di perusahaan? Jika ya, pilih program CSR yang diselenggarakan ASI Asia Pasific karena dapat membantu mengembangkan kreativitas sekaligus membuat karyawan dapat bersosialisasi dengan baik, entah dengan rekan kerjanya maupun masyarakat. Semoga bermanfaat!

5 komentar

  1. Heh goblok, hapus artikel yang berjudul grup wa youtuber nya. Dasar Plagiat Anjing! Udah banyak yang komentar juga masih ga paham paham. Udah naik pitam yeuh! Ga bisa disabarin lagi.

    BalasHapus
  2. Heh goblok, hapus artikel yang berjudul grup wa youtuber nya. Dasar Plagiat Anjing! Udah banyak yang komentar juga masih ga paham paham. Udah naik pitam yeuh! Ga bisa disabarin lagi.

    BalasHapus
  3. Heh goblok, hapus artikel yang berjudul grup wa youtuber nya. Dasar Plagiat Anjing! Udah banyak yang komentar juga masih ga paham paham. Udah naik pitam yeuh! Ga bisa disabarin lagi.

    BalasHapus
  4. Heh goblok, hapus artikel yang berjudul grup wa youtuber nya. Dasar Plagiat Anjing! Udah banyak yang komentar juga masih ga paham paham. Udah naik pitam yeuh! Ga bisa disabarin lagi.

    BalasHapus
  5. Heh goblok, hapus artikel yang berjudul grup wa youtuber nya. Dasar Plagiat Anjing! Udah banyak yang komentar juga masih ga paham paham. Udah naik pitam yeuh! Ga bisa disabarin lagi.

    BalasHapus