Inilah 5 Produk Lokal yang Mendunia, Bisnis Online Yuk!

Ekspor impor merupakan perdagangan yang bisa memajukan perekonomian sebuah negara termasuk Indonesia. Sebagai negara yang besar dengan potensial yang tinggi, Indonesia punya kelebihan di sektor ekspor perdagangan. Anda yang tertarik mencoba bisnis hingga mancanegara, wajib tahu potensi barang-barang yang punya peluang tinggi di luar negeri. Selain memastikan jasa kirim barang siap mengantarkan paket Anda ke tangan penerima, Anda harus tahu produk lokal apa saja yang lebih diminati konsumen luar negeri.


Produk ekspor yang memiliki pangsa pasar besar

Buat Anda yang ingin merambah pasar luar negeri, ketahui tips dan trik mengembangkan bisnis online yang mendunia. Anda juga harus memastikan bahwa barang yang ditawarkan memiliki peluang cukup tinggi. Kira-kira produk apa yang menjadi primadona ekspor Indonesia ke luar negeri? Berikut 5 jenis produk ekspor yang bisa menjadi barang dagangan Anda ke luar negeri yaitu :


1.                 Tekstil

Produk tekstil Indonesia memiliki pangsa pasar yang cukup luas di dunia karena kualitas yang terbukti. Namun, jenis tekstil yang mendapatkan permintaan cukup tinggi dari importir luar negeri adalah kain tenun dan batik lokal. Bukan sekadar batik printing saja, tetapi batik lokal yang menggunakan cara manual sangat diminati. Tentu harga jual batik tulis yang berkualitas lebih mahal dibandingkan batik pabrikan.


2.                 Kopi

Siapa yang tidak tahu dengan komoditi terbesar di Indonesia ini? Ya, kopi menjadi budaya masyarakat Indonesia yang tidak bisa dihilangkan begitu saja. Sebut saja Kopi Gayo, Kopi Lampung, Kopi Medan, Kopi Toraja, dan berbagai daerah penghasil kopi lain cukup mendunia.


Dengan keunikan rasa dan kemasan yang lebih praktis, Anda juga bisa mulai menjual kopi sendiri.  Pasarkan kopi Anda dengan baik lewat media sosial dan e-commerce untuk menarik minat pelanggan baik eceran hingga jumlah tertentu. Toh, jasa kirim barang menerima dan mengirim paket tanpa minimum kilogram.


3.                 Kerajinan tangan

Anda juga bisa mencoba peluang pasar luar negeri dengan menjual produk kerajinan tangan. Produk ekspor berupa cinderamata unik laris manis di pasaran global, lho! Anda bisa menjual produk kerajinan tangan kayu, anyaman atau aksesoris yang menjunjung kearifan lokal. Semakin limited produk yang Anda pasarkan, maka semakin tinggi peminat yang memesan produk. Jadi penjual internasional yang sukses, kenapa tidak?


4.                 Perhiasan

Kirim perhiasan ke luar negeri membutuhkan asuransi untuk mengcover biaya kerugian apabila paket hilang. Meskipun punya risiko cukup tinggi, pengiriman perhiasan ke luar negeri yang aman tidak masalah. Anda bisa menjual perhiasan emas dan perak yang memiliki pangsa pasar di negara tetangga. Namun, pastikan Anda mengetahui prosedur pengiriman perhiasan sebab masuk kategori benda berharga yang rentan hilang.


5.                 Bisnis rempah

Rempah-rempah telah lama menjadi daya pikat Indonesia di mata orang asing. Menilik sejarah masa lampau yang menjadikan negara Eropa menjelajah hingga nusantara. Anda bisa mengembangkan bisnis rempah-rempah di pasar internasional mulai lada bubuk, kunyit bubuk, kayu manis, pala, cengkeh, dan masih banyak rempah lain. Sebagai negara subur loh jinawi, kenapa Anda tidak mencoba peluang usaha ini?


Bisnis yang menjamah luar negeri bukan hal mustahil selama Anda tahu cara mempromosikan dagangan dengan baik. Gunakan media sosial dan situs online lain untuk mempopulerkan produk asli Indonesia. Jika Anda sudah menemukan pelanggan yang potensial, jangan lupa menjalin kerja sama dengan jasa kirim barang yang berpengalaman. Paket bakal dikirimkan tepat waktu, praktis dan aman sampai ke tangan pelanggan tercinta.


Tidak ada komentar